Seasonic Rhinitis Allergic

Rhinitis : Inflamasi pada membran mukosa hidung, yang disebabkan oleh adanya alergen yang terhirup yang dapat memicu reaksi sensitifitas.

Rhinitis alergika (allergic rhinitis) terjadi karena sistem kekebalan tubuh kita bereaksi berlebihan terhadap partikel-partikel yang ada di udara yang kita hirup. Sistem kekebalan tubuh kita menyerang partikel-partikel itu, menyebabkan gejala-gejala seperti bersin-bersin dan hidung meler. Partikel-partikel itu disebut alergen yang artinya partikel-partikel itu dapat menyebabkan suatu reaksi alergi.

Etiologi

Penyebab merupakan interaksi antara IgE pada sel mast dan basophils dalam nasal mucosa dengan antigenic zat, khususnya pollens, rumput, atau ragweed, yang menghasilkan variasi musiman; bulu hewan, debu, serangga puing, rumah tangga mites; inhaled irritants; perubahan suhu atau kelembaban

Bagaimana caranya untuk menghindari  paparan alergen outdoor?
Beberapa langkah/tips berikut ini dapat membantu anda bahkan jika anda tidak tahu jenis pollen apa yang membuat anda alergi. Jika anda tahu tipe pollen apa yang membuat anda alergi itu lebih bagus lagi.

  1. Tetaplah berada di dalam ruangan/rumah pada waktu pollen sangat banyak di udara. Umumnya pollen sedikit di udara hanya beberapa saat setelah matahari terbit kemudian jumlahnya makin banyak dan paling banyak pada tengah hari dan sepanjang siang. Jumlahnya kemudian berkurang menjelang matahari terbenam.
  2. Tutuplah jendela dan pintu, baik pada siang maupun malam hari. Gunakan AC untuk membantu mengurangi jumlah pollen yang masuk ke dalam rumah anda. Jangan gunakan kipas dengan buangan keluar (exhaust fan) karena dapat membawa lebih banyak pollen masuk ke dalam rumah anda.Potonglah rumput di halaman rumah sesering mungkin.
  3. Cegah masuknya pollen ke dalam rumah setelah anda bepergian dengan cara  segeralah mandi dan ganti baju dan celana yang anda pakai di luar. Keringkan pakaian anda dengan mesin pengering, jangan jemur di luar.
  4. 4. Berliburlah ke tempat lain pada saat musim pollen sedang berlangsung di tempat anda ke tempat di mana tanaman yang membuat anda alergi tidak tumbuh atau Pindah rumah. Kalaupun akan keluar rumah di upayakan dengan menggunakan masker dispossible.

Gizi

  1. Hilangkan semua makanan allergens.
  2. Meminimalkan pro-kobaran dan sangat allergenic makanan seperti jenuh Fats (daging dan produk susu), makanan yang halus, telur, jeruk, pisang, coklat, kacang tanah, gandum, kerang, makanan pewarnaan, preservatives, kafein, alkohol, tembakau, dan gula.
  3. Meningkat dari seluruh asupan makanan termasuk buah-buahan dan sayuran segar, seluruh biji-bijian, kacang-kacangan, bibit.
  4. Minum banyak air dan termasuk juices segar, terutama wortel, seledri, peterseli, dan nanas.
  5. Vitamin A (10.000-15.000 IU / hari), seng (20 sampai 30 mg / hari), vitamin B6 (50 sampai 100 mg / hari), dan vitamin B5 (50 hingga 75 mg / hari) untuk mendukung kekebalan
  6. Vitamin C (1000 mg tid ke qid) untuk mengurangi peradangan, sel-sel untuk menstabilkan tiang decreasehistamine rilis , Vitamin E (400 IU / hari) untuk benar kebal fungsi
  7. N-acetylcysteine (200 mg tid) untuk mengurangi lendir formasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s